• December 3, 2023

10 Makanan Khas Pati Sajikan Kelezatan Luar Biasa!

Pati merupakan sebuah kota yang kaya akan sejarah dan budaya. Kawasan ini juga dikenal memiliki kekayaan kuliner yang istimewa. Makanan khas Pati tidak hanya memanjakan lidah, tetapi juga mencerminkan warisan kuliner yang telah diwariskan dari generasi ke generasi. Inilah kisah di balik kelezatan kuliner khas Pati yang patut untuk dijelajahi.

10 Makanan Khas Pati :

1. Nasi Gandul

nasi gandul makanan khas pati
kompas.com

Nasi gandul, yang namanya memiliki arti “menggantung” dalam bahasa Jawa, memiliki sejarah dan variasi penyajian yang menarik. Dahulu, penjual nasi gandul menggunakan pikulan yang berisi kuali (tempat kuah nasi gandul) dan peralatan makan di sisi lain. Saat berjalan sambil memikul pikulan naik turun, terciptalah istilah nasi gandul. Selain itu, istilah ini juga muncul karena penyajiannya yang unik, menggunakan piring yang dialasi daun pisang dan diisi dengan nasi dan kuah. Nasi gandul sendiri terdiri dari nasi putih yang disajikan dengan lauk empal atau daging sapi bumbu bacem, disiram dengan kuah gurih. Kombinasi nasi gandul dengan tambahan lauk seperti tempe goreng, perkedel, tahu, tempe bacem, daging sapi, dan jerohan sapi semakin memperkaya citarasa kuliner khas Pati.

2. Petis Runting – Makanan Khas Pati

petis runting
jateng.tribunnews.com

Petis runting adalah makanan khas Pati yang menggoda selera. Hidangan ini berupa rebusan tulang kambing yang disajikan dengan kuah kental berwarna kecoklatan. Berasal dari Dukuh Runting, Desa Tambaharjo, Kecamatan Pati, petis runting mirip dengan tengkleng atau gulai namun memiliki kuah yang lebih gelap. Tekstur kental kuahnya dipengaruhi oleh penggunaan tepung beras yang kasar. Petis runting juga dapat disajikan dengan tambahan kikil, sate kambing, dan kepala kambing, menambah variasi dan kompleksitas dalam hidangan ini.

3. Soto Kemiri – Makanan Khas Pati

soto kemiri
jateng.idntimes.com

Salah satu kuliner unggulan dari Pati adalah Soto Kemiri, yang berasal dari Desa Kemiri. Soto kemiri adalah makanan khas Pati yang merupakan varian soto ayam yang memiliki kuah santan, menciptakan sentuhan lezat dan gurih pada hidangan ini. Disajikan dalam mangkuk, soto kemiri dilengkapi dengan suwiran ayam yang lembut dan disiram dengan kuah santan berwarna kuning yang menggoda selera. Kuliner khas ini tidak hanya menjadi favorit di kalangan masyarakat Pati, tetapi juga telah mendapat sambutan baik di berbagai kota di sekitarnya. Soto Kemiri Khas Pati menjadi pilihan yang tepat untuk memanjakan lidah dengan kekayaan rasa yang khas.

4. Sego Tewel – Makanan Khas Pati

sego tewel
kumparan.com

Salah satu hidangan istimewa dari Pati yang menggunakan bahan utama nangka muda adalah Sego Tewel. Kuliner ini berasal dari Kecamatan Tambakromo, Kabupaten Pati, dan menjadi favorit di tengah masyarakat setempat. Sego tewel disajikan dengan apik dalam piring yang diberi alas daun jati, menciptakan suasana yang autentik dan tradisional. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disertai dengan guyuran sayur tewel dari nangka muda. Keistimewaan sego tewel tidak hanya terletak pada kombinasi rasa yang unik, tetapi juga pada presentasinya yang menarik, dengan aroma khas yang berasal dari lembaran daun jati muda yang digunakan sebagai alas. Sego tewel dapat dengan mudah dinikmati di warung-warung sekitar Pati, tempat dapat merasakan cita rasa autentik khas daerah ini.

5. Mangut Kepala Manyung

mangut kepala manyung makanan khas pati
jateng.solopos.com

Mangut Kepala Manyung, sebuah hidangan khas yang menjadi kebanggaan Pati, mempersembahkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Berakar di Kecamatan Juwana, kuliner ini menampilkan keunikan cita rasa pedas yang disertai dengan kuah santan yang lezat. Proses penyajiannya melibatkan bahan utama berupa kepala Ikan Manyung yang telah melalui proses pengasapan, memberikan karakteristikan khas yang membedakan hidangan ini dari yang lainnya.

6. Swike Kerang

swike kerang makanan khas pati
cookpad.com

Swike Kerang merupakan keajaiban kuliner laut yang menakjubkan, dirancang khusus untuk memikat selera dan mendapatkan tempat istimewa di hati para pecinta makanan laut. Dengan menggunakan bahan dasar kerang yang segar, sajian ini menghadirkan kelezatan yang luar biasa. Kuah segar yang menyertainya telah diperkaya dengan bumbu-bumbu khusus yang membentuk cita rasa unik dan menggoda, menciptakan harmoni sempurna antara berbagai elemen rasa.

Menikmati Swike Kerang bukan sekadar sebuah pengalaman kuliner, melainkan sebuah perjalanan sensorik yang memuaskan selera dan membawamu terbang ke dunia cita rasa yang menawan. Aroma segar dari kuahnya menambah daya tarik, menciptakan suasana yang memanjakan indera penciumanmu. Setiap suapan adalah kesempatan untuk mengeksplorasi kelezatan laut dalam setiap detailnya.

Pengalaman kuliner ini tidak hanya sebatas kenikmatan rasa, tetapi juga sebuah perjalanan melalui kekayaan rasa dan keunikan hidangan laut. Swike Kerang memberikan sentuhan istimewa pada setiap hidangan laut yang tak terlupakan, menciptakan momen kuliner yang berkesan dan memuaskan bagi setiap penikmatnya.

7. Kelo Mrico atau Jangan Mrico

sayur mrico makanan khas pati
masakandapurku.com

Bagi para penggemar cita rasa pedas alami dari merica, Kelo Mrico menjadi sajian yang wajib dicoba. Makanan khas Pati yang satu ini menghidangkan kuah pedas yang dihasilkan dari merica, dipadukan dengan asam segar dari tomat hijau, dan kelezatan ikan bandeng, menjadikan hidangan ini istimewa. Setiap suapan Kelo Mrico membangunkan selera dan memberikan kenikmatan tersendiri bagi pecinta kuliner yang mengutamakan rasa pedas.

8. Kue Moho – Makanan Khas Pati

kue moho makanan khas pati
masakandapurku.com

Makanan khas Pati berikutnya adalah Kue Moho. Kue yang satu ini dikenal menawarkan pengalaman rasa yang berbeda. Berbahan dasar tepung terigu yang dicampur dengan ragi dari air tape singkong, kue ini memiliki ciri khas warna merah di bagian atas dan warna lain yang menyusuri bagian bawahnya. Kue Moho bukan hanya sekadar camilan, melainkan juga potongan sejarah kuliner yang terjaga hingga saat ini.

9. Getuk Lopis Runting

getuk lopis runting makanan khas pati
idntimes.com

Kuliner tradisional yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pati adalah Getuk Lopis Runting. Berbahan dasar ketela pohon dengan taburan kelapa parut dan gula merah, Getuk Lopis Runting memberikan kombinasi rasa yang unik dan menggoda. Pengalaman menyantapnya akan membawamu merasakan kekayaan rasa tradisional yang terjaga hingga kini.

10. Bandeng Presto Juwana

presto juwana makanan khas pati
hipwee.com

Makanan lezat dari Ikan Bandeng, Bandeng Presto Juwana, menjadi salah satu ikon kuliner Pati. Ditemukan di wilayah Juwana, hidangan ini memiliki rasa khas yang memikat dan lezat. Proses presto pada ikan bandeng memberikan kelembutan daging yang istimewa, menjadikan Bandeng Presto Juwana sebagai pilihan yang tak boleh terlewatkan bagi pencinta kuliner laut.

source : https://www.youtube.com/@bottv6563

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *