• December 26, 2023

15 Makanan Khas Kuningan: Lezat dan Menggugah Selera

Kuningan merupakan sebuah kabupaten yang kaya akan warisan budaya, juga dikenal karena kekayaan kuliner tradisionalnya yang memikat. Berikut adalah beberapa makanan khas Kuningan yang wajib dicoba.

15 Makanan Khas Kuningan :

1. Hucap: Harmoni Tahu dan Kecap dalam Satu Sajian

hucap
cookpad.com

Hucap, sebuah nama yang mengundang rasa penasaran, menggambarkan harmoni dua bahan utama, yakni tahu dan kecap. Tak hanya sekadar sebuah hidangan, namun penamaan ini membawa kita pada pengalaman kuliner yang memadukan kelezatan tahu dan kekayaan rasa kecap. Dalam penyajiannya, Hucap menampilkan kemiripan dengan ketoprak dan kupat tahu, menciptakan nuansa tradisional yang sarat akan rasa.

Keunikan Hucap tidak hanya terletak pada penyatuan tahu dan kecap, tetapi juga dalam cara penyajiannya yang mengajak kita untuk merasakan cita rasa yang meleburkan unsur-unsur tradisional dan modern. Sajian ini menjadi wujud nyata dari kekayaan kuliner Kuningan yang tak hanya memanjakan lidah tetapi juga merangkul nilai-nilai tradisional.

2. Papais: Kelezatan Tradisional dari Beras Ketan atau Ketela Pohon

papais
salsawisata.com

Papais, sebuah jajanan tradisional yang berakar di Kuningan, menghadirkan kelezatan dari bahan dasar beras ketan atau ketela pohon. Proses pembuatannya melibatkan adonan yang dibungkus dengan cermat menggunakan daun pisang, lalu dikukus hingga matang. Inilah sajian yang tidak hanya memanjakan lidah tetapi juga merangkul keaslian budaya Kuningan dalam setiap suapannya.

3. Kue Satu Kacang Hijau: Eksplorasi Rasa dari Kacang Hijau yang Terolah Secara Unik

kue satu kacang hijau
tokopedia.com

Dengan melihat namanya saja, Kue Satu Kacang Hijau mengundang rasa ingin tahu tentang bahan dasarnya. Bahan utama yang digunakan adalah kacang hijau yang diolah dengan cara disangrai, tanpa menggunakan minyak. Sajian ini tidak hanya menciptakan kelezatan dari rasa kacang hijau yang khas, tetapi juga menjadi pilihan menarik bagi pecinta kuliner yang menghargai keunikan dalam penyajian.

4. Peyeum Ketan: Makanan Khas Kuningan

peyeum ketan
visitkuningan.co.id

Peyeum Ketan membawa kita pada pengalaman kuliner yang berbeda dari peuyeum pada umumnya. Dengan bahan dasar berupa beras ketan putih dan merah, sajian ini menciptakan harmoni rasa yang lembut dan menggugah selera. Sebuah penyegaran dalam dunia kuliner tradisional yang membawa nuansa khas Kuningan.

5. Keripik Gadung: Kelezatan dari Tanaman yang Menuntut Kehati-hatian

keripik gadung
jabarhits.com

Keripik Gadung, diolah dari tanaman serupa, membutuhkan pengolahan yang tepat dan bersih. Ketelitian dalam proses pembuatannya menjadi kunci keberhasilan, karena apabila tidak diolah dengan baik, dapat menghasilkan racun berbahaya. Inilah sajian yang mengajak kita untuk lebih menghargai setiap proses dalam menciptakan kelezatan yang aman dan bermutu.

6. Kopi Luwak Linggarjati: Keindahan Kopi Luwak yang Menggoda Pecinta Kopi

kopi luwak
blibli.com

Bagi para pecinta cita rasa kopi, Kopi Luwak Linggarjati menjadi pilihan tak terhindarkan. Diolah dari biji kopi yang telah dikonsumsi oleh hewan luwak, kopi ini membawa kita pada petualangan rasa yang unik dan tak terlupakan. Kenikmatan kopi yang disajikan dengan sentuhan khas Linggarjati menjadi pengalaman yang memanjakan lidah para penikmat kopi.

7. Nasi Kasreng: Jejak Sejarah Transportasi yang Menggugah Selera

nasi kasreng
merdeka.com

Nasi Kasreng, hidangan lezat yang berakar dari Luragung, sebuah daerah di Kabupaten Kuningan, mengundang untuk menjelajahi sejarah dan cita rasa khas. Daerah ini dikenal sebagai cikal bakal transportasi yang menghubungkan Kuningan dengan Kota Jakarta, dan Nasi Kasreng hadir sebagai penghormatan terhadap warisan tersebut.

Mengapa dinamakan Nasi Kasreng? Jawabannya menjadi misteri yang terpecahkan saat pertama kali kita menikmati sajian ini. Setiap suapan membawa kita melintasi rute historis dan menciptakan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Nasi Kasreng, dengan segala kelezatannya, adalah sebuah persembahan yang memadukan rasa dan sejarah.

8. Sop Buntut Bakar: Sensasi Rempah-rempah yang Membakar Selera

sop buntut bakar
style.tribunnews.com

Sop Buntut Bakar, hidangan yang mengundang decak kagum, menyajikan cita rasa dan rempah-rempah yang begitu kuat. Sop Buntut ini tidak hanya sekadar hidangan, tetapi juga sebuah karya seni kuliner yang menciptakan sensasi tak biasa bagi para penikmatnya.

Cita rasa Sop Buntut Bakar menjadi tanda tanya bagi banyak orang, namun itulah yang membuatnya begitu istimewa. Sajian ini menawarkan keunikan dalam setiap suapannya, menciptakan pengalaman kuliner yang menggoda dan membangkitkan rasa ingin tahu. Dengan keberanian dalam mencoba sesuatu yang berbeda, Sop Buntut Bakar menjadi bukti bahwa kelezatan kuliner Kuningan dapat menghadirkan pengalaman yang tak terlupakan dan berbeda dari yang lain.

9. Ketempling: Makanan Khas Kuningan

ketempling
lazada.co.id

Ketempling, sebuah kuliner yang menggoda dengan keunikan bentuk dan cita rasa autentik, menjadi salah satu kebanggaan kuliner Kuningan. Meskipun mirip dengan jajanan gemblong yang berbahan dasar singkong, Ketempling membedakan diri dengan bentuk bulat kembung dan ciri khas kopong di bagian tengahnya. Sajian ini tidak hanya memanjakan lidah dengan cita rasa yang lezat tetapi juga membawa nuansa tradisional yang tak terlupakan.

10. Tahu Lamping: Makanan Khas Kuningan

tahu lamping
ksdae.menlhk.go.id

Tahu Lamping, tahu khas Kabupaten Kuningan, menghadirkan cita rasa istimewa yang membuatnya berbeda dari tahu-tahu lainnya. Dikenal sebagai hidangan yang lebih nikmat daripada tahu dari daerah lain, Tahu Lamping menjadi kebanggaan kuliner Kuningan. Setiap gigitan membawa kita pada petualangan rasa yang memperkaya pengalaman kuliner.

11. Kwecang: Bakcang Khas Kuningan dari Beras Ketan dan Kapur Sirih

kwecang
lazada.co.id

Kwecang, dengan penampilannya yang mirip bakcang, mempersembahkan keunikan bahan dasarnya yang terbuat dari beras ketan dan air kapur sirih. Meskipun sekilas mirip dengan sajian yang telah dikenal masyarakat luas, namun kwecang ini membuktikan bahwa kekayaan rasa Kuningan dapat memberikan sentuhan berbeda dalam kuliner tradisional.

12. Rujak Kangkung: Makanan Khas Kuningan

rujak kangkung
cookpad.com

Rujak Kangkung, mungkin masih belum begitu dikenal oleh banyak orang, menghadirkan keunikan dengan menggunakan kangkung sebagai bahan dasar. Kangkung yang direbus kemudian dicampur dengan bumbu rujak menciptakan harmoni rasa yang menarik. Sajian ini menjadi bukti bahwa kelezatan kuliner tidak selalu harus mengandalkan buah-buahan saja.

13. Opak Bakar: Kenikmatan Panggang dari Campuran Beras Ketan dan Kelapa

opak bakar
busepuh.com

Opak Bakar, makanan khas yang memikat, membawa kita pada sensasi kelezatan yang sangat pas sebagai pendamping kopi. Dipanggang dengan teliti, sajian ini mengandalkan beras ketan dan kelapa sebagai bahan utamanya. Proses pembuatannya memastikan setiap suapannya menghadirkan kelembutan beras ketan dan aroma khas kelapa yang begitu menggoda.

14. Keripik Gemblong: Harmoni Rasa Singkong dan Oncom yang Menggugah Selera

keripik gemblong
cookpad.com

Keripik Gemblong, dengan berbahan dasar singkong dan tambahan oncom di bagian tengahnya, menciptakan harmoni rasa yang begitu enak dan unik. Setiap gigitan membawa kita pada petualangan rasa yang menggugah selera. Kelezatan sajian ini tidak hanya berasal dari singkong yang renyah, tetapi juga dari sentuhan oncom yang memberikan cita rasa istimewa.

15. Golono: Makanan Khas Kuningan

golono
merdeka.com

Golono, sebuah inovasi camilan yang mengubah ampas tahu yang sudah tidak terpakai menjadi sajian lezat, memperkaya ragam kuliner Kuningan. Dengan campuran bumbu dan rempah-rempah yang tepat, Golono menciptakan cita rasa yang unik dan memikat. Camilan ini bukan hanya sekadar sajian ringan, tetapi juga upaya kreatif dalam mengurangi limbah dan menghasilkan hidangan yang menggugah selera.

source : https://www.youtube.com/@RepublikWisata

Inilah sebagian kecil dari kekayaan kuliner Kuningan, Jawa Barat, yang begitu beragam dan penuh dengan keunikan. Dengan setiap suapan, kita tidak hanya menikmati kelezatan sajian, tetapi juga merasakan sejarah dan kebudayaan yang terjalin erat dalam setiap hidangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *