• December 19, 2023

Makanan Khas Berau dengan Cita Rasa yang Menggoda!

Berau, Kalimantan Timur, tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau, tetapi juga kekayaan kuliner yang patut dicicipi. Daerah ini menampilkan hidangan unik dan citarasa khas yang menjadikannya tidak boleh dilewatkan. Berikut adalah 12 makanan khas Berau yang patut dicoba.

1. Bubur Ancur Paddas

bubur ancur paddas
niaga.asia

Mengenal Bubur Ancur Paddas seakan membawa kita pada pengalaman kuliner yang penuh dengan kearifan lokal. Nama sajian ini sendiri sudah memberikan petunjuk akan keunikan rasa pedas yang melekat padanya. Bubur Ancur Paddas tidak sekadar menjadi hidangan, namun juga bagian tak terpisahkan dari upacara adat di Kampung Sei, Berau. Tradisi ini juga membawa bubur ini ke meja perayaan lahiran di Berau.

Meskipun Bubur Ancur Paddas merupakan kuliner khas Berau, namun sayangnya, kini kesulitan untuk menemukannya semakin menjadi kenyataan. Keterbatasan ketersediaan bubur ini menciptakan kesempatan yang berharga bagi para penikmat kuliner untuk menjajal kelezatan yang ditawarkan. Dibuat dari beras yang telah disangrai, Bubur Ancur Paddas memikat dengan perpaduan rempah yang khas dan sentuhan kepedasan yang menggoda selera.

Menggali cita rasa Bubur Ancur Paddas bukan hanya tentang menikmati makanan, tetapi juga merasakan dan menghargai warisan tradisional yang tersembunyi dalam setiap suapannya. Hidangan ini tidak hanya memuaskan rasa, tetapi juga membawa kita pada perjalanan menyelami kekayaan kuliner dan budaya Berau.

2. Udang Jarrang Asam

udang jarrang asam
celebes.id

Udang Jarrang Asam, sebuah kuliner olahan udang khas Berau, membawa kita pada pengalaman rasa yang autentik dan menyegarkan. Nama “Jarrang Asam” tidak hanya sekadar istilah, melainkan mencerminkan kegemaran masyarakat Berau dalam menanam tanaman sayuran atau asam undang yang kemudian diolah menjadi hidangan favorit.

Udang Jarrang Asam bukan sekadar sajian makan siang atau malam, melainkan potongan kelezatan yang cocok dinikmati bersama nasi putih hangat. Bagi mereka yang sedang berkunjung di Berau, mencicipi hidangan yang menyegarkan ini menjadi pengalaman tak terlupakan.

Kombinasi udang segar dan rasa asam yang meresap menghadirkan harmoni cita rasa yang khas dari laut Berau. Udang Jarrang Asam bukan hanya sekadar hidangan, tetapi juga ekspresi autentik dari kekayaan kuliner dan kearifan lokal yang melekat pada tradisi masyarakat Berau. Jangan lewatkan kesempatan untuk merasakan kelezatan yang dihadirkan oleh Udang Jarrang Asam saat berkunjung ke Berau.

3. Tehe Tehe – Makanan Khas Berau

tehe tehe
bontang.pikiran-rakyat.com

Tehe-tehe, sebuah kuliner unik yang menjadi kebanggaan Berau, menghadirkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan. Keunikan sajian ini terletak pada penggunaan cangkang bulu babi sebagai wadah, sementara makanannya terbuat dari daging bulu babi dan ketan putih. Kuliner ini sering ditemui di sekitar Pulau Derawan, menambah pesona kuliner khas Berau.

Meskipun bulu babi sering diidentifikasi sebagai benda yang berbahaya karena durinya, namun di sini, bulu babi berhasil diolah menjadi makanan lezat. Tehe-tehe bukan hanya menawarkan keindahan alam dan keberagaman biota laut di sekitar Pulau Derawan, tetapi juga menyajikan pengalaman kuliner yang unik dan menarik untuk dicoba. Sajian ini terasa sempurna ketika disantap bersama nasi hangat, menciptakan harmoni cita rasa yang menggugah selera.

4. Talinga Sagayi – Makanan Khas Berau

talinga sagayi
sinergipapers.com

Talinga Sagayi, salah satu kue khas Berau, mempersembahkan kelezatan yang unik dengan bentuknya yang menyerupai kuping manusia atau cincin angka delapan. Terbuat dari beras, gula merah, dan minyak goreng, kue ini bukan hanya lezat, tetapi juga memiliki makna kultural yang mendalam.

Selain bahan-bahan yang simpel, proses pembuatan Talinga Sagayi juga sangat mudah. Campuran beras dan gula merah membentuk adonan yang kemudian dibentuk menjadi angka delapan dan digoreng dalam minyak panas. Hasilnya adalah cita rasa yang manis dan gurih. Talinga Sagayi sering dijadikan oleh-oleh oleh para wisatawan yang berkunjung ke Berau, menjadi bukti bahwa kelezatan kue ini tak terlupakan.

5. Rangai

rangai
tribunnewswiki.com

Rangai, jajanan khas Berau yang tak tertandingi keunikannya, menjadikannya populer di kalangan masyarakat. Terbuat dari ketan yang disangrai dan dihaluskan, lalu dicampur dengan gula dan kelapa parut, adonan ini kemudian dicetak dan dipanggang dalam oven dengan api sedang.

Bentuk awal Rangai adalah kotak lonjong, namun seiring berjalannya waktu, kue ini berevolusi menjadi berbagai bentuk yang semakin beragam. Kelezatan Rangai yang begitu legit membuat setiap orang yang mencicipinya sepakat bahwa makanan ini sangat lezat. Popularitasnya sebagai oleh-oleh terkemuka dari daerah Berau semakin memperkuat posisinya sebagai kuliner tradisional yang tak tergantikan. Jadi, saat berkunjung ke Berau, pastikan untuk mencicipi kelezatan Rangai sebagai bagian dari pengalaman kuliner Anda.

6. Udang Singgang

udang singgang
budaya-indonesia.org

Udang Singgang, hidangan klasik Berau, tetap menjadi favorit banyak orang. Cara masaknya yang sederhana dengan merebus udang sungai Berau dengan air dan santan, memberikan cita rasa lezat yang sulit dilupakan.

7. Kue Puncak Rasul – Makanan Khas Berau

kue puncak rasul
idntimes.com

Kue Puncak Rasul, sajian sakral dalam tasyakuran, terbuat dari ketan dan memiliki bentuk yang menyerupai gunung dengan puncak. Warna-warna cerah pada kue ini tidak hanya untuk estetika, melainkan juga memiliki nilai filosofis yang dalam.

8. Buah Elai

buah elai
halodoc.com

Buah Elai, khusus untuk pecinta durian, memiliki rasa manis dan tekstur lembut. Berbeda dari durian pada umumnya, Elai berwarna oranye dan menjadi buah yang sangat disukai.

9. Kue Sarang Semut

kue sarang semut
idntimes.com

Kue Sarang Semut memiliki bentuk berongga-rongga layaknya sarang semut. Terbuat dari bahan dasar karamel, kue ini memiliki rasa legit dan tekstur lembut.

10. Terasi Batu Putih

terasi batu putih
kaltara.tribunnews.com

Terasi Batu Putih, terasi khas Berau, dibuat dari udang dengan kualitas terbaik. Kualitas unggulnya membuatnya menjadi oleh-oleh yang populer dari Berau.

11. Tumpi Udang – Makanan Khas Berau

tumpi udang
cookpad.com

Tumpi Udang, hidangan utama jamuan pernikahan, terbuat dari kepala udang yang ditumbuk bersama parutan kelapa dan bumbu-bumbu lainnya. Cita rasanya yang sedap membuatnya cocok dinikmati dengan nasi hangat dan sambal.

12. Pia Berau

pia berau
banyuwangi.jatimnetwork.com

Pia Berau, dengan berbagai rasa seperti kacang ijo, ubi, nanas, keju, dan coklat, dibuat dari bahan alami yang berkualitas. Rasanya yang nikmat menjadikannya pilihan oleh-oleh yang sempurna saat berkunjung ke Berau.

source : https://www.youtube.com/@CNNindonesiaOfficial

Dengan hidangan-hidangan khasnya yang beragam, Berau tidak hanya menawarkan pesona alamnya tetapi juga kekayaan kuliner yang memanjakan lidah setiap pengunjung. Jelajahi dan nikmati ragam cita rasa yang unik dari makanan khas Berau!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *